J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 11 No. 2 (2022): J+PLUS, Desember 2022

PERAN KARANG TARUNA DALAM MENYELENGGARAKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SAWENTAR

Intan Zidna Basthian (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Pemuda ialah aset bangsa yang menjadi penentu masa depan guna lebih baik. Untuk itu pembentukan karakter pemuda merupakan hal dasar yang sangat penting. Karenanya terbentuklah di Indonesia organisasi-organisasi kepemudaan guna menjembatani peranan pemuda dalam setiap tranformasi sosial. Salah satu organisasi kepemudaan adalah karang taruna. Mereka memiliki peran penting dalam peradaban masyarakat, serta wadah partisipasi pemuda. Namun dalam implementasinya, ternyata manfaat yang utuh dan menyeluruh dari eksistensi karang taruna belum dirasakan secara maksimal oleh masyarakat di Desa Sawentar. Berbagai upaya dilakukan karang taruna guna meningkatkan keikutsertaan pemuda dalam menyelenggarakan program-program pemberdayaan masyarakatnya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui program kegiatan, partisipasi masyarakat dan kendala yang muncul dalam penyelenggaraan program pemberdayaannya. Jenis penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Hasil studi memperlihatkan peran karang taruna guna menyelenggarakan program pemberdayaan di Desa Sawentar telah dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Hal ini diketahui dengan dijalankannya program mereka, yakni: pelatihan pakan ternak (fermentasi), pelatihan desain grafis dan pelatihan MC Bahasa Jawa. Selain itu masyarakat memberikan timbal balik yang positif akan program-program karang taruna. Namun dalam penyelenggaraan nya masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya pendekatan dan komunikasi, kurangnya SDM dalam peranan penting, dan juga sumber pendanaan yang masih kurang optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...