J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 14 No. 1 (2025): J+PLUS, Juni 2025

Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar di Surabaya Hotel School

Rahayu, Putri (Unknown)
Artha, I Ketut Atmaja Jhony (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Model pembelajaran teaching factory merupakan pendekatan inovatif yang mengintegrasikan pembelajaran teori di kelas dengan praktik langsung menyerupai industri. Tujuannya adalah menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan industri dengan menciptakan suasana belajar yang menyerupai lingkungan kerja nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi teaching factory dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Surabaya Hotel School, khususnya keterampilan teknis (hard skills) dan non-teknis (soft skills). Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teaching factory telah diimplementasikan dengan baik melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keberhasilan didukung oleh fasilitas yang memadai, keterlibatan aktif industri, serta partisipasi instruktur dan peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...