Indonesian Journal of Islamic Teaching
Vol 3 No 1 (2020): Indonesian Journal of Islamic Teaching

Orientasi, Penempatan dan Pemberdayaan Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Riyaduth Tholibin Jember

Hilwah, Bintana Alin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian penting dari manajemen organisasi. Di era teknoligi saat ini daya saing semakin tinggi dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi. Untuk memfilter agar sebuah organisasi di lembaga pendidikan tetap pada tujuan utama maka diperlukan pengelolaan secara optimal pada sumber daya manusianya. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga pendidikan formal dimulai dengan perekrutan, seleksi, orientasi, penempatan dan pemberdayaan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara terbuka dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wwawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orientasi yang dilakukan di MI Riyaduth Tholibin meliputi empat hal:mengenalkan pendidik pada sistem, tujuan dan budaya madrasah, emperkenalkan pendidik pada lingkungan sekolah, membantu guru dalam adaptasi terhadap personil sekolah, dan memberi kesempatan kepada pendidik baru untuk “Open Talk. Pola penempatan di MI Riyadut Tholibin sesuai dengan kompetensi da kemampuan yang dimiliki oleh pendidik. Pemberdayaan pendidik di MI Riyadut Tholibin dengan pemberian peran, pemberian jabatan, pemberian kewenangan, dan pemberian penguatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJIT

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Islamic Teaching is published by the Department of Primary Education (PGMI) and Islamic Religious Education (PAI) Postgraduate School of UIN K. H. Achmad Siddiq Jember, which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency 2. Learning strategies 3. ...