ABSTRAK Nahidin, Khittotun, 2022. Aktualisasi Adab Santri Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Membentuk Karakter Aswaja di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Abdul Haris, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, M.S.I Pendidikan karakter menjadi bagian dari isu pendidikan yang cukup mendapat perhatian. Beragam peraturan pemerintah, pembaharuan kurikulum guna mewujudkan penyelenggaraan pendidikan karakter yang sesuai dengan standart nasional. Urgensi pendidikan karakter bagi bangsa perlu dijadikan prioritas di tengah gempuran globalisasi dan krisis moral generasi. Sejalan dengan hiruk-pikuk penyelenggaraan pendidikan karakter di Indonesia organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’ari sebagai pengamal dan pengawal ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) memiliki identitas nilai-nilai karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar yang memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan harapan pemerintah Indonesia sekaligus sejalan dengan Undang-undang di Indonesia dapat dijadikan sebagai alternatif strategi dalam pembentukan karakter bangsa. Fokus penelitan: 1) Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawassuth dan i’tidal di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 2). Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tasammuh di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 3) Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawazzun di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?, 4). Bagaimana aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter amar ma’ruf nahi munkar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang?. Tujuan penelitian: mendesktipsikan aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berupa informan maupun benda atau dokumen. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yakni informan yang memiliki keterkaitan langsung dengan data, sedangkan sumber data skunder berupa dokumen. Hasil penelitian: aktualisasi adab santri perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam membentuk karakter Aswaja di Pondok Pesantren Miftahul Midad Lumajang dilaksanakan melalui kegiatan uswah, pengajaran, penugasan dan pembiasaan yang termuat dalam program kurikuler pesantren yakni unit pendidikan madrasah diniyah, peraturan tertulis, budaya dan tradisi pesantren, majelis taklim dan musyawarah ma’hadiyah sebagai wadah terbentuknya karakter tawassuth dan i’tidal, tasammuh, tawazzun dan amar ma’ruf nahi munkar.
Copyrights © 2020