Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di madrasah menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi kepada siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), implementasinya dalam pembelajaran SKI, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi digunakan untuk menjaga validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TaRL membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi SKI. Siswa dikelompokkan berdasarkan level pemahaman (High, Middle, Low), dan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kognitif masing-masing. Faktor pendukung meliputi dukungan madrasah, kesiapan guru, dan antusiasme siswa. Adapun kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu pembelajaran dan kesiapan guru dalam menyusun materi diferensial. Secara keseluruhan, pendekatan TaRL mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, kontekstual, dan berpusat pada siswa
Copyrights © 2025