IPSSJ
Vol. 2 No. 2 April (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

EVALUASI EFEKTIVITAS BALANCED SCORECARD DALAM PENGUKURAN DAN PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN

Agung Pratama (Unknown)
Faris Aji Nugraheri (Unknown)
Lidya Dwiyanti (Unknown)
Suci Amanda (Unknown)
Rela Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas balanced scorecard (bsc) sebagai alat manajemen strategis dalam pengukuran dan peningkatan kinerja perusahaan berdasarkan tinjauan sistematis terhadap 30 artikel ilmiah. Bsc mengintegrasikan empat perspektif utama: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa implementasi bsc berdampak positif terhadap efisiensi operasional, pencapaian target strategis, dan daya saing perusahaan. Beberapa studi menegaskan bahwa penggunaan bsc dapat meningkatkan akurasi pengukuran kinerja dan mendorong pengambilan keputusan yang lebih berbasis data. Namun, tantangan dalam implementasi juga ditemukan, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman manajemen, serta resistensi organisasi. Selain itu, faktor-faktor seperti budaya perusahaan, dukungan kepemimpinan, serta pemanfaatan teknologi memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan bsc. Dengan strategi implementasi yang tepat dan dukungan penuh dari manajemen, bsc dapat menjadi instrumen yang efektif untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyesuaikan penerapan bsc dengan kondisi internal dan eksternal agar dapat memperoleh manfaat yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...