Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL). Model PjBL dipilih karena dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui proyek nyata yang menstimulasi kreativitas, keterampilan problem solving, dan kerja sama. Sekolah yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini yaitu SDN Sondosia dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 14 guru. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pelatihan yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam serta teknik penyusunan LKPD yang sesuai dengan sintaks model PjBL. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan keterampilan guru dalam menyusun LKPD berbasis PjBL yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan yang diperoleh guru sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan dengan persentase peningkatan sebesar 62,50% pada kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil mencapai tujuannya dan diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025