Penelitian dilakukan di Kelompok Tani Karya Muda, Dusun Pandean Lor, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dari 2 Maret hingga 15 Desember 2023. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pemberdayaan Kelompok Tani melalui penguatan aspek komunikasi pemasaran dengan melakukan rebranding produk menggunakan media sosial dan e-commerce, menganalisis pengaruh faktor-faktor seperti usia, pendidikan, pengalaman pengolahan susu, jumlah ternak, dan tingkat penyuluhan terhadap pemberdayaan Kelompok Tani Karya Muda. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara, dengan variabel yang dianalisis termasuk tingkat pemberdayaan, usia, pendidikan, pengalaman pengolahan susu, jumlah ternak, dan intensitas penyuluhan. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Hasilnya menunjukkan tingkat pemberdayaan Kelompok Tani Karya Muda berada pada kategori "Tinggi", dengan efektivitas penyuluhan dan perubahan perilaku di kategori "Efektif". Secara keseluruhan, faktor-faktor seperti usia, pendidikan, pengalaman pengolahan susu, jumlah ternak, dan intensitas penyuluhan secara bersama-sama berpengaruh sangat signifikan terhadap tingkat pemberdayaan. Secara spesifik, usia dan pendidikan memiliki pengaruh signifikan, sementara pengalaman melakukan pemasaran produk melalui media sosial dan e-commerce memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap pemberdayaan. Namun, intensitas penyuluhan tidak signifikan dalam mempengaruhi tingkat pemberdayaan.
Copyrights © 2024