Action Research Literate (ARL)
Vol. 9 No. 3 (2025): Action Research Literate

Analisis Strategi Kepemimpinan, Manajemen Mutu Sekolah Dan Iklim Kerja Terhadap Program Sekolah Adiwiyata Yang Berkelanjutan Di Smp Negeri 1 Kesu

Mardiana, Mardiana (Unknown)
Pasae, Yoel (Unknown)
Rantererung, Corvis L (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang pengaruh Strategi Kepemimpinan, Manajemen Mutu Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Program Sekolah Adiwiyata yang berkelanjutan di SMP Negeri 1 Kesu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kesu. Sumber Data penelitian dari sumber data Primer dan Sumber Data Sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru  di Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Negeri 1 Kesu Toraja Utara, dengan jumlah Guru sebanyak 38 orang.Penetapan sampel penelitian merujuk pada teknik Sampling jenuh. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 38 orang Guru,  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan Program Sekolah Adiwiyata, sedangkan Manajemen Mutu Sekolah juga menunjukkan pengaruh positif. Meskipun Iklim Kerja memiliki elemen positif, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruhnya tidak signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi bagi pengelolaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...