Instructional Development Journal
Vol 8, No 1 (2025): IDJ

Kepemimpinan Visioner dalam Transformasi Universitas Islam

Murtaja, Ahmad Faqih Badrul (Unknown)
Aimah, Siti (Unknown)
Khaudli, M. Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari studi ini yaitu untuk menganalisis peran kepemimpinan visioner dalam transformasi yang sedang berlangsung di Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumen yang menguatkan. Adapun validasi datanya menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan interaktif tiga model milik Miles and Huberman yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa Kyai Abdul Hamid Wahid sebagai rektor Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo menerapkan kepemimpinan visioner dengan mengunakan 4 peran meliputi 1) penentu arah 2) pelatih dan pembimbing 3) agen perubahan 4) juru bicara. Kyai Abdul Hamid Wahid melakukan tranformasi kelembagaan dimulai dengan Visi dan misi, struktur organisasi, sytem keuangan, kultur kampus, sarana dan prasarana dengan sangat cepat, dengan menempatkan orang yang tepat pada posisi yang yang tepat, sehingga dapat mewujudkan output (lulusan) mahasiswa yang berkualitas, berkompoten dan daya saing global. dengan tidak harus melepas identitas sebagai pendidikan Islam berwatak rabbani dan untuk menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan dikenal dunia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...