Penelitian ini bertujuan untuk menganalis problematika prasarana penunjang pendidikan sekolah dasar di Indonesia serta mengkaji permasalahan dalam pengadaan prasarana khususnya gedung sekolah, ruang kelas, dan sanitasi sekolah di sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan dalam artikel ini adalah metode penelitian studi pustaka (library research). Peneliti mengumpulkan data dari buku Statistik Pendidikan tahun 2018 sampai 2021 dan diperkuat dengan artikel-artikel tentang problematika prasarana pendidikan di sekolah dasar yang ada di Indonesia. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas prasarana berupa ruang kelas, dan sanitasi sekolah selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun demikian masih terdapat beberapa prasarana yang masih dikatakan belum layak seperti masih terdapat ruang kelas yang mengalami rusak berat, sumber air, dan toilet yang kurang memadai. Terdapat sejumlah problematika dalam pengelolaan prasarana pendidikan berupa gedung sekolah, ruang kelas, dan sanitasi air di sekolah dasar. Dengan memahami berbagai hambatan yang terjadi, maka dapat diambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan dukungan dan mengatasi kendala-kendala yang ada. Perlu adanya perbaikan dan pembaruan kualitas sarana prasarana yang tepat, sekolah dasar dapat menjadi lingkungan yang lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa serta menciptakan masa depan yang lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025