Pendidikan di tingkat sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pondasi pengetahuan dan keterampilan siswa. Salah satu aspek yang mendapat perhatian khusus adalah pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang mencakup kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi instrumen penilaian berbasis HOTS dan solusi terhadap problematika yang dihadapi dalam konteks pendidikan, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) di kelas V. penelitian ini Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan sejumlah guru yang terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru tentang HOTS dan kesulitan dalam merancang soal yang sesuai, instrumen penilaian berbasis HOTS mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pendidik, pengambil kebijakan, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan HOTS Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Copyrights © 2025