Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Pendekatan Komunikasi Behaviorisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah

Ngalimun, Ngalimun (Unknown)
Jumadi, Jumadi (Unknown)
Listia, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis tentang bagaimana pendekatan komunikasi behaviorisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Assalam Martapura. Penelitian ini meggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yang disusun berdasarkan teori kepustakaan atau studi kepustakaan. Dalam hasil penelitia ini mencoba membuat gambaran secara sistematis tentang bagaimana Pendekatan Behavioral dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Assalam Martapura. Penelitian ini fokus pada pendekatan komunikasi behaviorisme yaitu kecakapan prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu para guru khususunya guru Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran untuk perkembangan perilaku siswa mencapai tujuan dalam komunikasi yang baik. Fokus pendekatan komunikasi behaviorisme ini adalah: pertama, keterlibatan interaktif, pendekatan ini meliputi, sikap tanggap, sikap perseptif dan sikap penuh perhatian. Kedua, manajemen interaksi, pendekatan itu membantu siswa mampu mengambil tindakan-tindakan yang berguna bagi seseorang untuk mencapai tujuan komunikasi. Ketiga, keluwesan perilaku, pendekatan ini membantu siswa untuk melaksanakan berbagai kemungkinan perilaku yang dapat diambil untuk mencapai tujuan komunikasi. Keempat mendengarkan, pendekatan ini membantu siswa untuk dapat mendengarkan orang yang berkomunikasi dengan perasaan, keprihatinan, dan kekhawatiran yang ditimbulkannya. Kelima, gaya social, pendekatan ini membantu siswa dapat berperilaku menarik, khas, dan dapat diterima oleh orang lain. Keenam, kecemasan komunikasi, pendekatan ini siswa dapat mengatasi rasa takut, bingung, dan kacau pikiran, tubuh gemetar, dan grogi dalam berkomunikasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...