Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Pengembangan Modul Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Flipbook Tingkat SD/MI dengan Karakter Kearifan Lokal Wilayah Tapanuli Bagian Selatan

Pelangi, Herman (Unknown)
Ariaji, Rizky (Unknown)
Siregar, Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Pengembangan modul sejarah kebudayaan islam pada kurikulum merdeka berbasis flipbook tingkat SD/MI sederajat dengan karakter dalam kearifan lokal wilayah tapanuli bagian selatan Provinsi Sumatera Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana produk dan hasil uji kelayakan pada pengembangan modul sejarah kebudayaan islam pada kurikulum merdeka berbasis flipbook tingkat SD/MI sederajat dengan karakter dalam kearifan lokal wilayah tapanuli bagian selatan Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan standar BSNP. Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis flipbook yang sesuai dengan karakteristik siswa SD/MI. Metodologi R&D dalam penelitian pendidikan wajib menghasilkan produk atau layanan yang efisien terkait dengan praktik pedagogis atau pendidikan, Plomp mengusulkan desain model dengan lima langkah. Pengembangan yang diperoleh menjadi e-book, video pembelajaran, alat evaluasi digital Produk Bahan Ajar modul berupa Flipbook Tingkat SD/MI sederajat Dengan Karakter Dalam Kearifan Lokal. Dalam penelitian ini diperoleh kriteria validitas nilai rata-rata dari aspek uji kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafikan sebesar 3,15 (Cukup valid dan perlu revisi). Hal tersebut bersamaan dengan saran perbaikan dari masing-masing validator yang terdiri dari 20 orang guru sekolah dasar yang tersebar dalam 5 kabupaten/kota yang dilakukan secara acak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...