Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran materi haji dan umrah di kelas VI SDIT Annajah Bekasi. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, guru memilih materi yang relevan, menyusun skenario demonstrasi yang detail, serta mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, seperti maket Ka'bah, video, atau gambar-gambar yang mendukung. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan demonstrasi langsung di depan siswa, yang melibatkan visualisasi langkah-langkah ibadah haji dan umrah menggunakan multimedia. Pemantauan dilakukan secara terus-menerus untuk memastikan siswa memahami setiap langkah yang dijelaskan, dengan memberi mereka kesempatan untuk bertanya atau mengulangi bagian yang belum dipahami. Pada tahap refleksi, guru dan siswa bersama-sama mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan, melalui diskusi dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi haji dan umrah, membantu mereka untuk lebih mudah mengaplikasikan ibadah tersebut dalam kehidupan nyata setelah menyaksikan demonstrasi langsung. Siswa juga lebih aktif terlibat dalam pembelajaran, yang semakin diperkuat dengan evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur pemahaman mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025