Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Haji Kelas VI di SD Islam Annajah Bekasi

Febriansyah, Hari (Unknown)
Samin, Samin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran materi haji dan umrah di kelas VI SDIT Annajah Bekasi. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, guru memilih materi yang relevan, menyusun skenario demonstrasi yang detail, serta mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, seperti maket Ka'bah, video, atau gambar-gambar yang mendukung. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan demonstrasi langsung di depan siswa, yang melibatkan visualisasi langkah-langkah ibadah haji dan umrah menggunakan multimedia. Pemantauan dilakukan secara terus-menerus untuk memastikan siswa memahami setiap langkah yang dijelaskan, dengan memberi mereka kesempatan untuk bertanya atau mengulangi bagian yang belum dipahami. Pada tahap refleksi, guru dan siswa bersama-sama mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan, melalui diskusi dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi haji dan umrah, membantu mereka untuk lebih mudah mengaplikasikan ibadah tersebut dalam kehidupan nyata setelah menyaksikan demonstrasi langsung. Siswa juga lebih aktif terlibat dalam pembelajaran, yang semakin diperkuat dengan evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur pemahaman mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...