Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA)
Vol 16 No 1 (2023): Januari-Juni

Gastronomic Experiences Pada Bisnis Rumah Makan Tradisional

Murtini, Murtini (Unknown)
Amrina, Hafidza Nash'ul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Gastronomi wisata kuliner menjadi aspek penting dalam industri pariwisata, mampu mengundang perhatian pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Salah satu makanan khas yang menonjol di Bojonegoro adalah Makanan Tradisional Khas Bojonegoro, seperti sego buwuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi daya tarik gastronomi yang dimiliki oleh Rumah makan tradisional sebagai daya tarik utama bagi wisatawan. Teori yang digunakan adalah Teori Komunikasi Simbolik" dan "Teori Pengalaman Wisatawan. Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei, wawancara, dan observasi langsung terhadap pengunjung dan pemilik usaha kuliner Rumah makan tradisional di Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah makan tradisional di Bojonegoro memiliki daya tarik yang kuat dalam berbagai aspek gastronomi. Keunikan rasa dan tekstur sego Buwuhan, membuat pengunjung kembali lagi untuk menikmati hidangan ini. Selain itu, potensi kuliner lokal dan kualitas bahan baku makanan tradisional yang digunakan juga menjadi nilai tambah dalam pengalaman kuliner. Suasana warung yang nyaman, keakraban antara pemilik dan pengunjung, serta berbagai program promosi khusus turut memperkaya pengalaman gastronomi wisatawan. Potensi daya tarik gastronomi Rumah makan tradisional di Bojonegoro ini dapat menjadi landasan bagi pihak terkait untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata kuliner di Bojonegoro, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan serta kontribusi ekonomi lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUMPA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi (JUMPA) adalah jurnal penelitian dibidang manajemen dan akuntansi yang diterbitkan oleh STIE Cendekia Bojonegoro. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun (Januari-Juni dan Juli-Desember). Fokus jurnal ini dibidang Manajemen (Manajemen Bisnis, Manajemen ...