Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 12, Nomor 1 Maret 2025

Dampak Kebijakan Sertifikasi Pendidik Terhadap Kinerja Guru Negeri Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Soppeng

Nurhidayah, Nurhidayah (Unknown)
Ahmad, M. Ridwan Said (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Dampak positif kebijakan sertifikasi pendidik terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Soppeng yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SMAN 1 Soppeng, SMAN 4 Soppeng dan SMAN 8 Soppeng dan 2) Dampak Negatif kebijakan sertifikasi pendidik terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Soppeng yaitu SMAN 1 Soppeng, SMAN 4 Soppeng dan SMAN 8 Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang guru  yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu : 1) guru saat ini yang mengajar di UPT SMAN 1 Soppeng, UPT SMAN 4 Soppeng, UPT SMAN 8 Soppeng, 2) guru yang telah memiliki sertifikat profesi, 3) guru yang telah mengikuti Program Profesi Guru, 4) Informan tambahan yaitu guru pns yang belum menerima sertifikat profesi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dampak Positif kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di sekolah menengah atas Kabupaten Soppeng berdasarkan hasil wawancara yaitu adanya Peningkatan Kompetensi Guru, Motivasi dan Kepuasan Kerja, Pengembangan Karir, dan Standar Pengajaran yang Konsisten. 2) Dampak negatif  kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di sekolah menengah atas Kabupaten Soppeng dari hasil wawancara yaitu Biaya dan waktu dan Fokus pada Sertifikasi dari pada Pengajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...