Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning yang berorientasi pada pemecahan masalah matematis dalam materi sistem koordinat Kartesius. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara sistematis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Model ADDIE, yang dikembangkan oleh Dick dan Carey digunakan dalam penelitian ini untuk merancang sistem pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui proses validasi oleh para ahli untuk memastikan kelayakan dan efektivitasnya. Hasil uji kelayakan yang diperoleh dari validator mencapai 84,4%, enunjukkan bahwa bahan ajar berbasis PBL layak digunakan dalam pembelajaran matematika bagi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif yang berbasis pemecahan masalah matematis. Diharapkan bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, serta keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal terkait sistem koordinat Kartesius.
Copyrights © 2024