GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari 2025

PEMBERDAYAAN MITRA USAHA PEGIAT ANGGUR ORGANIK DAN PENGOLAHAN PRODUK TURUNAN ANGGUR DI KOTA SURAKARTA

I Gusti Putu Diva Awatara (Unknown)
Prabang Setyono (Universitas Sebelas Maret)
Tri Widianto (Universitas Dharma AUB Surakarta)
BRM Suryo Triono (Universitas Dharma AUB Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Kondisi eksisting yang terjadi saat ini kegiatan budidaya Anggur organik di mitra sasaran 1 Point Farm berjalan dengan budidaya secara konvensional, sehingga belum maksimal dalam produksi buah karena kontrol penyiraman, pupuk dan obat-obatan masih dilakukan seara manual, sedangkan kondisi produksi produk turunan Anggur yang dikelola mitra sasaran 2 D Bun Kitchen berupa Sirup, Selai, Nastar Aggur dan Fermentasi Sari Anggur sudah berjalan namun kurang maksimal dalam pemasaran dan produksi. Hal ini dikarenakan alat produksi yang terbatas sehingga kapasitas produksi kurang. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memperkuat peningkatan industri anggur dan mampu mendorong potensi produk anggur serta terwujudnya kemitraan dengan pemangku kepentingan industri anggur di Kota Surakarta bahkan Nasional. Metode pelaksanaan dilakukan sosialisasi program mitra 1 (point farm); pelatihan penggunaan irigasi tetes untuk mitra 1 (point farm); pendampingan dan evaluasi berupa digital marketing dan market place. Output dan Outcome yang akan dicapai berupa produksi anggur organik dengan target pasar pegiat anggur; perusahaan industri agrokompleks; masyarakat dan bisa berguna untuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Untuk memastikan keberlanjutan program dalam kegiatan ini dilakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders, monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara periodik dengan melibatkan seluruh komponen baik dari pihak tim pelaksana, mitra sasaran, Pemerintah Daerah Kota Surakarta maupun eksternal dari tim Kemendikbudristek. Hasil kegiatan mitra sasaran 1 point farm adanya penambahan bahan baku penanaman bibit anggur sebanyak 50 tanaman anggur, selanjutnya untuk produksi akan dilakukan penggunaan teknologi irigasi tetes. Solusi pemasaran dilakukan dengan digital marketing berupa website dan marketplace. Mitra sasaran kedua D Bun Kitchen solusi produksi dilakukan penambahan alat produksi berupa mixer, oven dan alat peras anggur, sedangkan untuk solusi pemasaran dilakukan dengan digital marketing berupa website dan market place serta bermitra dengan toko oleh-oleh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ganesha

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Social Sciences

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. Jurnal Ganesha dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal Ganesha secara khusus menitikberatkan pada ...