Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 5 No 5 (2025): Jurnal Dunia Pendidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Model Problem Based Learning

Sapninsius Paran (Unknown)
Wiwik Yunitaningrum (Unknown)
Muhammad Fachrurrozi Bafadal (Unknown)
Mimi Haetami (Unknown)
Rizki Hazazi Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Model Problem Based Learning pada peserta didik di SMA YPK Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah 16 peserta didik di SMA YPK Pontianak. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini diantaranya melalui tes, observasi lapangan dan dokumentasi. Insturmen yang digunakan pada penelitian ini pedoman wawancara lembaran observasi, LKPD, PG dan lembaran dokumen data. Uji prasyarat analisis Menggunakan analisis secara deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas proses pembelajaran hasil belajar lompat jauh dengan model problem based learning hasilnya meningkat yang awalnya pada masa prasiklus hanya terdapat 31,2% dari 16 peserta didik yang tuntas, mulai meningkat menjadi 62,5% pada siklus I dan terus meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil pada penelitian disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...