Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan
Vol. 18 No. 1 (2025): Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan

Influence of Self-Efficacy and Affiliation Motivation on Student Learning Behavior Using Google Gemini

Putri, Listi Septiana Avita (Unknown)
Harsono, Harsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi afiliasi yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa dalam pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan, dengan fokus khusus pada Google Gemini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, yang melibatkan siswa SMK Batik 2 Surakarta sebagai subjek. Skala Likert mulai dari "Sangat Tidak Setuju" hingga "Sangat Setuju" (1-4) digunakan untuk mengumpulkan data. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dan Signifikansi Mediasi (Uji Sobel) digunakan untuk menguji efek tidak langsung. Efek tidak langsung ini meliputi pengaruh efikasi diri yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa terhadap pemanfaatan Google Gemini, dan pengaruh motivasi afiliasi yang dimediasi oleh perilaku belajar siswa terhadap penggunaan Google Gemini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan motivasi afiliasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar siswa. Meskipun demikian, korelasi antara efikasi diri, motivasi berafiliasi, dan kecerdasan buatan, seperti Google Gemini, tidaklah substansial. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi tidak semata-mata bergantung pada faktor internal, seperti kepercayaan diri dan motivasi sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan (JTIP) is a scientific journal managed by Universitas Negeri Padang and in collaboration with APTEKINDO, born from 2008. JTIP publishes scientific research articles that discuss all fields of computer science and all related to computers. JTIP is published ...