Journal of Education Action Research
Vol 9 No 1 (2025): February

Media Video Animasi Berpendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Rantai Makanan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dewi, Ni Kadek Riska Dewi (Unknown)
I Gede Astawan (Unknown)
Ni Ketut Desia Tristiantari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Materi rantai makanan memang sulit dipahami oleh peserta didik karena sifatnya yang abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat seperti video animasi untuk mengajarkan konsep ini secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berpendekatan kontekstual untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode kuesioner/angket dan metode tes. Subjek penelitian ini adalah materi rantai makanan yang diajarkan di kelas V. Subjek uji coba ini adalah peserta didik kelas V SD. Terdapat instrumen penelitian yang digunakan yaitu pre-test dan post-test serta terdapat dua teknik analisis dalam penelitian ini yang digunakan sebagai pengolahan data yang dihimpun dari hasil validitas dan uji efektivitas media. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulannya, media video animasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Media ini memberikan alternatif inovatif bagi guru untuk mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...