Promis
Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024

MANAJEMEN KEPEMIMIMPINAN DAN RELEVANSINYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AS-SYIFA KAJEN

Salma Selfiyana (Unknown)
Ahmad Tarifin (Unknown)
Dinda Wulandari (Unknown)
Diffa Faizah (Unknown)
Hilal Tafattuhil Arzaq (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kiai didalam kehidupan pesantren.Kegiatan yang berada dipesantren tidak dapat terlepas dari peran kepemimpinan kiai. Kiaimenjadi sentral utama didalam pesantren sehingga kepemimpinanya sangat berpengaruhterhadap pesantren. Oleh karena itu, kepemimpinan didalam pesantren harus memiliki arahyang baik sebagai langkah membentuk dan meningkatkan mutu pesantren.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) manajemen kepemimpinan kiaidipesantren memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kegiatan di pondokpesantren tahfidzul Qur’an AS-Syifa Kajen. Untuk membentuk santri yang patuh terhadapperaturan dan pembelajaran pesantren kiai harus senantiasa memberikan arahan berupauswah hasanah dan pemberian pesan-pesan melalui kajian dan pengajaran kitab kuningserta media lainnya. (2) strategi yang dilakukan para pemimpin di pondok pesantrentahfidzul Qur’an AS-Syifa dalam mewujudkan ketercapaian mutu pendidikan yang baik dipondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa yaitu dengan melakukan pembiasaankedisiplinan santri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam keseharian sertamemberikan takziran kepada santri jika tidak disiplin dalan menjalankan kegiatan. (3)faktor yang mempengaruhi relevansi manajemen kepemimpinan dan mutu pendidikan dipondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa Kajen. Kiai sebagai tokoh utama pesantrenmemiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya pondok pesantren.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Promis

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, ...