Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 10 No 1 (2025): Maret

MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SDN 03 KEMUNINGLOR JEMBER

Zainudin, Agus (Unknown)
Mashudi, Mashudi (Unknown)
Mundir, Mundir (Unknown)
Sahlan, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pendidikan memiliki tanggung jawab besar dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk perkembangan era digital. Dalam era digital, kaum milenial memerlukan landasan moral yang kokoh untuk mencapai kesuksesan. Pendidikan Islam yang berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits bertujuan membentuk kesalehan sosial pada siswa agar mereka memiliki sikap baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Pendidikan Islam terbuka untuk semua jenjang usia dan memiliki peran signifikan dalam membangun kepribadian individu, terutama di tengah kemajuan revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang menghadirkan peluang sekaligus tantangan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) dalam membentuk sikap sosial siswa di SDN 03 Kemuninglor Arjasa Jember. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi selama menerapkan pembelajaran PAI dengan pendekatan PjBL di sekolah tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui interpretasi dan penyajian hasil. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran PAI melibatkan langkah-langkah penting, seperti identifikasi materi pembelajaran, perancangan proyek yang relevan, pelaksanaan pembelajaran kolaboratif, serta pemberian umpan balik yang konstruktif. Model ini bertujuan membangun sikap sosial positif pada siswa, seperti kemampuan bekerja sama, toleransi, empati, dan kepedulian sosial. Walaupun terdapat kendala, seperti kebutuhan waktu persiapan yang lebih lama dan keterbatasan sumber daya, guru PAI berupaya memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan melibatkan dukungan orang tua siswa. Evaluasi keberhasilan dilakukan dengan mengukur tingkat partisipasi siswa, pemahaman terhadap materi, keterampilan sosial yang ditunjukkan, serta evaluasi diri siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alashr

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Ashr Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada periode Maret dan September. Jurnal Al-Ashr ini memuat dan menyebarluaskan berbagai hasil penelitian, kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, Mahasiswa dalam lingkup bahasan ...