Implementasi pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah memegang peranan penting dalam membentuk perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai karakter siswa melalui pengembangan budaya sekolah di SMPK Regina Pacis Bajawa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian mencakup seluruh warga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPK Regina Pacis Bajawa telah mengimplementasikan pendidikan karakter secara optimal. Sekolah memiliki visi yang menjadi landasan utama dalam membentuk budaya sekolah yang mendukung penguatan karakter. Peserta didik juga menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai karakter dalam berbagai kegiatan sekolah, seperti menaati peraturan yang berlaku serta aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan budaya sekolah berkontribusi positif terhadap internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik.
Copyrights © 2024