Literasi merupakan salah satu budaya yang harus diterapkan dalam dunia pendidikan, terutama pada tingkat SD. literasi membaca perlu dibiasakan, karena merupakan proses membuat sesuatu yang menjadikan seseorang terbiasa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi membaca siswa kelas V SDN Bena serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan literasi membaca siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode ini menekankan pada pemahaman mendalam terhadap fenomena yang diteliti melalui pengumpulan data seperti wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca siswa di SDN Bena kelas V ini sudah mulai meningkat karena dipengaruhi adanya fasilitas berupa ketersediaan buku-buku bergambar yang tersedia dipojok baca. Selain itu pendampingan yang dilakukan oleh guru kepada siswa dalam kegiatan literasi membaca sehingga menumbuhkan minat membaca siswa.
Copyrights © 2025