Jurnal Citra Magang dan Persekolahan
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Citra Magang dan Persekolahan

PEMETAAN KEMAMPUAN AWAL MEMBACA SEBAGAI PRAKTIK BAIK GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA: STUDI PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN

Kui, Anna Finsensia (Unknown)
Uta, Alexander (Unknown)
Laksana, Dek Ngurah Laba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas I di SDI Turekisa. Setiap siswa memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda, sehingga diperlukan strategi yang tepat serta penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan kemampuan membaca secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa kelas I mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, sering lupa bentuk huruf A–Z, dan belum mampu membaca dengan lancar. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan pemetaan awal terhadap kemampuan membaca siswa, mengevaluasi tingkat penguasaan huruf dan pemahaman kata, serta menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai. Strategi tersebut antara lain menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, menggunakan metode membaca bersama dan latihan membaca, serta memanfaatkan media pembelajaran seperti kartu huruf. Strategi ini terbukti membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa secara bertahap.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Citra Magang dan Persekolahan (JCMP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, alamat : Jalan Trans Bajawa-Ende, Malanuza, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Jurnal ini mempunyai ruang lingkup hasil kajian tentang ...