Guide Reading and Summary Procedure (GRASP) adalah sebuah inovasi prosedur kelas untuk belajar membaca strategi, mengaktifkan siswa untuk memahami apa yang mereka membaca dan menulis ringkasan dari bacaan mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua class; kelas percobaan dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 2di SMA Negeri 02 Tapung Hilir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II dengan menggunakan cluster sampling yang terdiri dari 52 orang. Pengumpulan data yang telah dilakukan dengan menggunakan kuesioner. ditemukan bahwa rata-rata skor pre-test siswa yang terdiri dari 55,23, sedangkan rata-rata skor post-test siswa yang terdiri dari 76,15. Jadi, ada kenaikan titik sekitar 20,92% dari pre-test sampai post-test. Dan sisi lain t-observation adalah 3,31 dan t_tabel berada pada tingkat signifikan 1% dengan derajat kebebasan (df) = 50 adalah 2,66 dan pada tingkat signifikan 5% dengan degree of freedom (df) = 50 adalah 2,00 . Artinya dengan menggunakan strategi Guide Reading and Summary Procedure (GRAPS) memberikan dampak positif pada pemahaman bacaan siswa.
Copyrights © 2025