Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2024)

Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal Sumatif Bahasa Bali Kelas X Sma Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2022/2023

Nita, Ni Ketut Ayu Nita Trisnayanti (Unknown)
Ida Ayu Sukma Wirani (Unknown)
Ida Bagus Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang butir soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi berdasarkan tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskiptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mengwi dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XA dan XD yang dipilih dengan teknik random sampling menggunakan spiner online. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan kunci jawaban, soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X, dan lembar jawaban siswa kelas XA dan XD. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi memiliki kategori tingkat kesukaran soal yang sedang dan mudah. Soal paket A termasuk kategori sedang karena 50% soal memiliki kategori sedang. Soal paket B termasuk kategori mudah karena 56% soal memiliki kategori mudah. 2) soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA negeri 1 Mengwi memiliki kategori daya beda soal yang cukup dan baik. Soal paket A memiliki persentase 46% dengan kategori cukup dan soal paket B memiliki persentase 46% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perlu diperhatikan proporsi ideal tingkat kesukaran soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...