Manajemen peserta didik menjadi aspek penting dalam pengelolaan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis implementasi manajemen peserta didik di SD Negeri Cileungsi 02, dengan fokus pada aspek penerimaan, pengelolaan pembelajaran, dan pengembangan potensi siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara terstruktur dengan guru-guru sekolah, penelitian ini mengungkap bahwa sekolah telah menerapkan sistem manajemen peserta didik yang terstruktur, mencakup penerimaan siswa baru secara online, pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan individual siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus, serta pengembangan potensi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Keterbatasan penelitian terletak pada belum dilibatkannya perspektif orang tua dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen peserta didik yang diterapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah dasar lain dalam mengembangkan sistem pengelolaan yang memperhatikan keseimbangan aspek akademik dan non-akademik..
Copyrights © 2025