Journal of Community Research & Engagement (JCRE)
Vol. 2 No. 1 (2025): July 2025

Implementasi Numerasi Pada Pembelajaran Bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Semarang

Setyawati, Rina Dwi (Unknown)
Shodiqin, Ali (Unknown)
Pramasdyahsari , Agnita Siska (Unknown)
Endahwuri, Dhian (Unknown)
Agustina, Ferina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Pelatihan "Implementasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika" dirancang untuk anggota MGMP Matematika dengan tujuan memperkuat keterampilan dalam menerapkan konsep numerasi dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini memperkenalkan berbagai metode praktis untuk mengintegrasikan numerasi dalam pembelajaran matematika, termasuk penerapan numerasi dalam kurikulum STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Teknologi juga diperkenalkan dalam pelatihan ini, dengan penggunaan perangkat lunak seperti Wolfram Mathematica. Software ini menyediakan alat canggih untuk visualisasi dan manipulasi data, yang dapat memperkaya pengalaman belajar matematika secara interaktif dan mendalam. Selain itu, pelatihan ini membahas metode asesmen numerasi yang efektif untuk mengukur pemahaman dan kemajuan siswa, seperti tugas praktis, tes, dan umpan balik konstruktif. Selama pelatihan, peserta berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam implementasi numerasi, serta berbagi praktik terbaik dan pengalaman antar peserta. Kegiatan kelompok juga dilaksanakan untuk merancang dan menguji rencana pelajaran berbasis numerasi, memungkinkan peserta untuk menerapkan konsep yang dipelajari dalam situasi pembelajaran nyata. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pengajaran matematika, mendukung perkembangan numerasi siswa, dan memfasilitasi penerapan numerasi dalam pembelajaran sehari-hari. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berfokus pada dua kegiatan utama: pertama, memberikan pelatihan kepada guru mengenai penerapan numerasi dalam pembelajaran, dan kedua, melatih guru untuk merancang perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan numerasi. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengajaran matematika dan memperkuat kemampuan numerasi siswa melalui pendekatan yang berbasis pada pengajaran interaktif, teknologi, serta asesmen yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcre

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Journal of Community Research and Engagement (JCRE) is a biannual, peer-reviewed academic journal that focuses on advancing the practice and theory of community engagement. It serves as a platform for scholars, practitioners, and community leaders to share innovative research, case studies, and ...