Penelitian ini dilatar belakangi karna ditemukan bahwasanya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang variatif dan inovatif belum di terapkan secara fungsional, media pembelajaran yang digunakan umumnya bersifat konvensional, kelemahan ini menyebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan efektivitas pembelajaran pendidikan terutama pada mata pelajaran pendididkan pancasila belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media pembelajaran digital interaktif berbasis genially dengan media konvensional di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasi eksperimental. Populasi terdiri dari perserta didik kelas V SDN 08 Tarok Dipo, SDN 01 Benteng, dan SDN 03 Pakan Kurai, Kota Bukittinggi, pengambilan data menggunakan teknik random sampling. Sehingga, diperoleh sampel penelitian kelas VA SDN 03 Pakan Kurai sebagai kelas eksperimen dan VA SDN 01 Benteng sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 86,15 dengan standar deviasi 97,92, dan nilai kelas kontrol 78,51 dengan standar deviasi 12,1540. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu ,8,047 > 1,6752 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivtas pembelajaran pendidikan pancasila menggunakan media digital interaktif berbasis genially dengan media konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025