Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana tanah longsor pada siswa SMA menggunakan media video pembelajaran, serta menganalisis efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap pembelajaran geografi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Pre–Eksperimental dengan desain penelitian adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAI Al-Azhar 14 Semarang. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perancangan media video pembelajaran dengan dua tahapan yaitu tahap pengembangan desain prototipe serta pengumpulan alat & bahan, dan tahap pembuatan media. 2) Keterlaksanaan pembelajaran mitigasi tanah longsor menggunakan media video memperoleh skor 84,62% termasuk kriteria baik. 3) Keberterimaan media menurut ahli materi memperoleh nilai 80%. Sementara penilaian menurut ahli media dan praktisi memperoleh masing-masing nilai sebesar 87% dan 88% yang dimaknai media sangat layak dengan beberapa komentar tambahan. 4) Efektivitas media video pada indikator evaluasi pembelajaran memperoleh nilai N-gain sebesar 0,56 yang dimaknai efektivitas media cukup baik dan pada indikator respon siswa memperoleh nilai sebesar 85% yang dimaknai media video sangat baik dalam menjelaskan konsep bencana tanah longsor bagi siswa SMA.
Copyrights © 2024