Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan kebutuhan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Pos Giro Gunungsitoli.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kebutuhan SDM di Kantor Pos Kota Gunungsitoli sangat vital untuk memastikan kelancaran operasional dan efisiensi pelayanan. Proses perencanaan ini mencakup identifikasi kebutuhan tenaga kerja, pengembangan keterampilan, serta evaluasi berkala untuk menyesuaikan dengan perubahan kondisi organisasi dan teknologi. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pos Kota Gunungsitoli sangat penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas masyarakat.Kantor Pos Kota Gunungsitoli perlu memperkuat perencanaan SDM dengan fokus pada pengembangan keterampilan teknis dan manajerial melalui pelatihan berkala. Kantor Pos Kota Gunungsitoli perlu fokus pada pelatihan lebih lanjut bagi petugas untuk meningkatkan daya tanggap dan empati. Untuk mengatasi kendala yang terjadi, disarankan supaya Kantor Pos Kota Gunungsitoli memperkuat komunikasi internal, meningkatkan akurasi data melalui sistem informasi SDM yang baik.
Copyrights © 2025