Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

ANALISIS KESALAHAN PADA SISWA KELAS IX SMP DALAM MENYELESAIKKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Oktavi , Amelia Sri (Unknown)
Hulwa, Hulwa (Unknown)
Aprilia, Putri (Unknown)
Fauzi, Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar pada siswa kelas IX SMP Swasta PAB 1 Klumpang pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX-1 SMP Swasta PAB 1 Klumpang sebanyak 25  siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan soal atau tes kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah 2 soal  cerita, yang kemudian di analisis berdasarkan prosedur Analisis Newman yang terbagi dalam 5 (lima) tahap kesalahan diantaranya membaca masalah, memahami masalah, mentransformasi masalah, keahlian memproses serta menulis jawaban akhir. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kesalahan yang dialami oleh siswa dalam tahapan membaca permasalahan senilai 36% siswa, kesalahan dalam tahapan memahami masalah sebanyak 72% siswa, kesalahan dalam tahapan mentransformasikan masalah senilai 46% siswa, kesalahan dalam keahlian memproses senilai 58% siswa, serta kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 54% siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...