Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

SURVEI E-MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI DI KELAS XI SMAN 2 SIAK HULU

Dea Sulistiawati (Universitas Islam Riau)
Suryanti Suryanti (Universitas Islam Riau)
Nurkhairo Hidayati (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa kelas XI di SMAN 2 Siak Hulu terhadap penggunaan e-modul berbasis STEM dalam pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 34 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa kurang mampu memahami materi pelajaran Biologi dan cenderung bosan dengan metode pembelajaran konvensional yang didominasi ceramah dan pencatatan. Rata-rata persentase kebutuhan siswa terhadap e-modul mencapai 62,99%, yang menandakan perlunya penerapan bahan ajar yang lebih interaktif untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan e-modul berbasis STEM dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa dan memenuhi tujuan pendidikan dalam pelajaran Biologi. Oleh karena itu, disarankan agar e-modul ini diintegrasikan dalam kurikulum pembelajaran untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...