Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam

Inovasi Pembelajaran Berbasis SQ3R Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modren Darussalam Gontor

Anwar, Saiful (Unknown)
Azizah, Nurul (Unknown)
Ritonga, Rabiatun Azhari (Unknown)
Hasanah, Muwahidah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan indikator kunci dari efektivitas proses pengajaran dan pembelajaran. Menyadari penurunan prestasi akademik pada siswi kelas satu dalam mata pelajaran Tarikh Islam di PMDG Putri 1, penelitian ini mengeksplorasi dampak potensial dari teknik pengajaran baru yakni, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), yang dikenal dengan pendekatan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti apakah teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswi kelas satu selama tahun akademik 2023-2024. Penelitian ini Menggunakan Desain Eksperimen True kuantitatif, penelitian melibatkan sampel sebanyak 42 siswa dari populasi sebanyak 236. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dan analisis statistik dilakukan dengan uji Mann-Whitney bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari teknik SQ3R terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Tarikh Islam. Dengan nilai Kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi (81,43) dibandingkan dengan kelas kontrol (73,8), dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas satu siswa secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalpaida

Publisher

Subject

Education Other

Description

PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) . Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran ...