cover
Contact Name
Muhammad Muzakki
Contact Email
kangzaky92@gmail.com
Phone
+6281259428689
Journal Mail Official
kangzaky92@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perkutut RT 002 RW 011
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29628172     DOI : DOI PREFIKS 10.36232
Core Subject : Education,
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) . Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi Pendidikan Agama Islam (PAI). Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 54 Documents
Problematika Pembelajaran Ta’bir Syafawi Pada Mahasiswa PAI Ma’had Bilal bin Rabah Angkatan 2022-2023 Tang, Ambo; Jumadi; Ariani
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v4i1.223

Abstract

Abstrak: Ma’had Bilal Bin Rabah salah satu lembaga di Indonesia yang merupakan lembaga Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Mewajibkan Mahasiswanya berbahasa Arab namun dalam pembelajaran tidak mungkin berjalan dengan mulus pasti memiliki problem terutama pengungkapan Bahasa Arab pada saat proses pembelejaran Ta’bir Syafawi tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Ta’bir Syafawi Pada Mahasiswa PAI Ma’had Bilal Bin Rabah dan mengetahui solusi terhadap Problematika Pembelajaran Ta’bir Syafawi Pada Mahasiswa PAI Ma’had Bilal Bin Rabah. Jenis Penelitian kualitatif Deskriptif yakni penelitian yang mencari informasi melalui penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah Mahasiswa PAI Ma’had Bilal Bin Rabah, Dosen Pengajar Mata Kuliah Ta’bir Syafawi dan Mudir PAI Ma’had Bilal Bin Rabah dan objek penelitian adalah problematika pembelajaran Ta’bir Syafawi, teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, bahwa Problematika Pembelajaran Ta’bir Syafawi Pada Mahasiswa PAI Ma’had Bilal Bin Rabah yaitu : 1). Latar belakang pendidikan Mahasiswa, 2). Kurangnya kosakata pada Mahasiswa, 3). Kurang menguasai kaidah Bahasa Arab, 4). Rasa malas pada diri Mahasiswa. Adapun solusi menangani Problematika Pembelajaran Ta’bir Syafawi Pada Mahasiswa PAI Ma’had Bilal Bin Rabah yaitu : 1). Memperbanyak kosakata, 2). Memahami kaidah Bahasa Arab, 3). Pembiasaan bicara Bahasa Arab, 4). Pemanfaatan Teknologi, 5). Berasrama, 6). Ikhlas dan niat yang baik, 7). Pengajar yang Berkualitas. Kata kunci : Problematika, Pembelajaran Ta’bir Syafawi, Bahasa Arab, Mahasiswa
Implementasi Metode Pakistani Dalam Meningkatkan Hafalan Santri SMA Cahaya Islam Papua Jumadi; Wahyudin
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v4i1.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan metode Pakistani dalam menghafal al-Qur’an di SMA Cahaya Islam Papua dan mengetahui efektivitas penerapan metode Pakistani dalam meningkatkan hafalan santri SMA Cahaya Islam Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode Pakistani di SMA Cahaya Islam Papua, khususnya dalam program Tahfidz al-Qur'an, Penerapan metode Pakistani di SMA Cahaya Islam Kota Sorong menunjukkan dampak positif dan efektif terhadap perkembangan hafalan siswa dalam program Tahfidz al-Qur'an. Metode ini terdiri dari tiga tahapan utama: sabaq, sabqi, dan manzil. Pada tahap sabaq, siswa rutin menyetorkan hafalan baru setelah sholat subuh atau magrib kepada ustadz pengampu halaqoh. Tahap sabqi melibatkan siswa dalam menyetorkan hafalan sebelumnya, sementara manzil berfokus pada pengulangan hafalan yang telah mencapai satu juz atau lebih. Hasil penerapan metode ini menunjukkan bahwa santri mampu menyetorkan 2-3 lembar hafalan per hari, mencapai 3-4 juz per bulan. Target hafalan 16 juz berhasil dicapai, efektif dan memberikan dampak positif pada perkembangan hafalan Al-Qur'an di kalangan santri.
Analisis Pembelajaran Agama Islam Berbasis Diferensiasi Di MI Al Kautsar Kota Sorong zulkifli; Muzakki, Muhammad; Fadila, Aviv
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpai.v4i1.258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui metode pembelajaran agama Islam berbasis diferensiasi dan hambatan yang terjadi dalam implementasi Pembelajaran agama Islam berbasis differensiasi di sekolah MI Al kautsar . Pendidikan agama Islam sangatlah penting Oleh karna itu, dalam sekolah MI Al Kautsar menanamkan kepada peserta didik nilai-nilai Islam dalam Pendidikan. Guru – guru MI Al-kautsar menyadari bahwa setiap anak mempunyai perbedaan dalam menangkap pembelajaran terutama dalam Pendidikan agama Islam. Kurikulum Merdeka saat ini mengharuskan setiap sekolah menggunakan metode diferensiasi karna metode tersebut merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kapasitas peserta didik di dalam kelas. Metode diferensiasi tidak memaksa peserta didik untuk memahami Pelajaran dalam satu metode, tetapi dalam pembelajaran diferensiasi ini mengajak guru untuk lebih memperhatikan kemampuan anak serta memberikan pembelajaran dan Latihan sesuai dengan kapasitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel 7 orang, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan 4 siswa MI Alkautsar. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan pendapat tentang pembelajaran Agama Islam berbasis diferensiasi, implementasi dan hambatan dari pembelajaran Pendidikan agama Islam berbasis diferensiasi.
Implementasi Pendidikan Fiqih Salat Dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Bagi Siswa Larasatun; Ambo Tang; Jumadi
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v4i1.282

Abstract

Pendidikan adalah proses yang membimbing individu dari kegelapan menuju pencerahan pengetahuan, berfokus pada perkembangan jasmani dan rohani untuk membentuk kepribadian yang utama. Di MTs Muhammadiyah 2 Aimas, setiap siswa diwajibkan untuk melaksanakan salat duha dan salat dzuhur secara berjamaah di aula sekolah. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk membiasakan siswa melaksanakan salat wajib dan sunnah, baik di sekolah maupun di lingkungan lainnya. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VII, yang berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda, termasuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD). Siswa dari MI sudah terbiasa dengan praktik salat, sementara siswa dari SD mungkin belum memiliki kebiasaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami penerapan pendidikan fiqih salat dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mulai menyadari pentingnya salat dan melaksanakannya secara rutin, didukung oleh komitmen sekolah dan contoh dari guru. Namun, ada siswa yang masih kurang termotivasi, dengan faktor penghambat seperti keterbatasan waktu dan kurangnya dukungan dari orang tua. Meskipun pembelajaran fiqih salat di MTs Muhammadiyah 2 Aimas cukup efektif, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memotivasi siswa yang belum konsisten dan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana sekolah dapat meningkatkan kesadaran beribadah siswa melalui pendidikan fiqih yang terstruktur.
Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Di SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong aji, arif; Khoiru Romadhona, Aida; Tang, Ambo
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v4i1.285

Abstract

Merasa kesulitan ketika membaca al-Qur’an pada peserta didik adalah hal yang sudah sering terjadi. Banyak ayat-ayat panjang yang ada di dalam al-Qur’an yang membuat peserta didik tambah sulit untuk membacanya. Metode ekspositori dengan pembelajaran yang memfokuskan dalam penyampaian verbal. Menjadi sarana yang dapat memudahkan dalam memahami ilmu tajwid yang dapat meningkatkan bacaan al-Qur’an peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas metode ekspositori dalam meningkatkan bacaan al- Qur’an pada peserta didik kelas 7 SMPIT Alam Mutiara Insan Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Grup Pre-test dan post-test. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan teknikanalisis data uji kuisioner pre-test dan post-test menggunakan analisis data desriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terkait bacaan al-Qur’an siswadengan nilai rata-rata 85 > 47,5 (saat sesudah dan sebelum adanya treatment). Kata kunci : Efektivitas Metode Ekspositori, Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Siswa.
Implementasi Program Tahfizul Qur’an Di MTs. Muhammadiyah 2 Aimas Pada Program Muhammadiyah Boarding School Abdul Gani; Noor Dharyna; Jumadi; Ambo Tang
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v4i1.526

Abstract

Problematika yang dihadapi santriwati dalam menghafal Alquran di MTs Muhammadiyah 2 Aimas pada Program Boarding School (MBS) yaitu kesulitan dalam memenuhi target hafalan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematika dan solusi yang dihadapi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu Santriwati menghadapi kendala internal seperti belum lancar dalam membaca dan rendahnya pemahaman tajwid. Tantangan lain yaitu terdapat santriwati yang belum fokus, serta jenuh akibat ruang belajar yang terbatas. beberapa solusi telah diidentifikasi. Pertama, diadakan pembelajaran tahsin. Kedua, kelas tambahan di luar jadwal reguler serta pengintegrasian metode talaqqi secara lebih. Ketiga, pembuatan tempat belajar yang variatif, seperti area terbuka atau gazebo. Keempat, melakukan refreshing secara rutin dan mengatur waktu istirahat. Kelima, pemberian motivasi terkait manfaat dan pahala dari menghafal Alquran diharapkan dapat meningkatkan semangat dan konsistensi. Terakhir, penggabungan metode talaqqi dan takrir dirancang untuk memberikan bimbingan langsung sekaligus kesempatan berlatih mandiri dan meningkatkan efektivitas hafalan.
Inovasi Pembelajaran Berbasis SQ3R Pada Materi Tarikh Islam di Pondok Modren Darussalam Gontor Anwar, Saiful; Azizah, Nurul; Ritonga, Rabiatun Azhari; Hasanah, Muwahidah Nur
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpai.v4i1.648

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan indikator kunci dari efektivitas proses pengajaran dan pembelajaran. Menyadari penurunan prestasi akademik pada siswi kelas satu dalam mata pelajaran Tarikh Islam di PMDG Putri 1, penelitian ini mengeksplorasi dampak potensial dari teknik pengajaran baru yakni, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), yang dikenal dengan pendekatan berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti apakah teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswi kelas satu selama tahun akademik 2023-2024. Penelitian ini Menggunakan Desain Eksperimen True kuantitatif, penelitian melibatkan sampel sebanyak 42 siswa dari populasi sebanyak 236. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dan analisis statistik dilakukan dengan uji Mann-Whitney bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari teknik SQ3R terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran Tarikh Islam. Dengan nilai Kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata yang lebih tinggi (81,43) dibandingkan dengan kelas kontrol (73,8), dengan nilai signifikansi sebesar 0,039 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas satu siswa secara efektif.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI QAWAID MELALUI METODE MIND MAP BAGI MAHASISWA TAMHIDY MA’HAD BILAL BIN RABAH SORONG TAHUN AJARAN 2018/2019 Aji, Arif Pramana; Muzakki, Muhammad
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v1i1.1435

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan mengubah tingkah laku seseorang, di mana adanya interaksi antara guru dan peserta didik. Dalam pembelajaran dibutuhkan adanya sebuah metode yang tepat agar tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Mata pelajaran bahasa Arab adalah mata pelajaran yang harus mahir di empat bagian yaitu pendengaran, penglihatan, penulisan dan pengucapan, untuk mahir berbahasa Arab maka harus menguasai materi qawaid. Urgensi bahasa Arab tentunya dilatarbelakangi sebagai bahasa Al-Qur’an al-Karim, bahasa shalat, bahasa al-hadits, dan bahasa internasional. Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh selama lima semester yaitu dimulai pada tingkatan kelas tamhidy atau persiapan. Metode mind map dapat dijadikan salah satu solusi dalam membantu dosen untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran qawaid. Penelitian ini hendak mengungkap bagaimana metode meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab materi qawaid kelas tamhidy di Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong tahun ajaran 2018/2019, penghambat serta pendukungnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan bidang keilmuan manajemen kerangka berfikir. Dalam menentukan subyek penelitian mengunakan model puposive sampling, tepatnya yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas tamhidy yang berjumlah 26 mahasiswa. Selanjutnya teknik dalam mengumpulkan data meliputi; metode observasi, metode interview atau wawancara secara mendalam, metode dokumentasi dan menggunakan angket tes tulisan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini meliputi; (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode mind map dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap teaching, team study, dan tahap penghargaan kelompok. (2) peningkatan hasil belajar mahasiswa tamhidy melalui metode mind map mengalami peningkatan pada tiap tindakan siklus. (3) hasil dari peningkatan per siklus dapat ditarik kesimpulan dikatakan berhasil.
IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG Gani, Abdul; Jumadi, Jumadi
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v1i1.1436

Abstract

Isu moderasi beragama merupakan topic yang hangat diperbincangkan di Indonesia baik itu dari kalangan akademisi, birokrasi pemerintah, hingga ormas keagamaan. Topic ini bukanlah suatu perdebatan dalam temporal waktu tertentu, melainkan moderasi dan toleransi adalah kebutuhan atas keberagaman identitas Suku, Ras, maupun Agama di Tanah air yang harus selalu dipupuk dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi moderasi beragama pada Mata Kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dalam merajut Moderasi beragama di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong Provinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaan mata kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan mahasiswa baik itu yang Muslim dengan presentase 30% maupun mahasiswa Nasrani dengan presentase 70% mampu menjalin interaksi yang harmonis. Namun tidak dapat dipungkiri dibalik interaksi yang terjalin terdapat potensi konflik Suku Agama dan Ras (SARA) yang begitu kuat, beberapa insiden di tanah Papua menunjukan SARA adalah perkara fundamental yang dapat memicu konflik. Walau SARA merupakan tiga variable berbeda, namun ketika insiden tertentu terjadi maka ketiga hal itu bisa saja berubah menjadi satu. Tetapi, selama masing-masing pihak mampu memainkan peran dengan baik dengan tidak mudah termakan profokasi yang merugikan, potensi ini bisa diredam walau tetap tidak dapat diabaikan dan diremehkan begitu saja.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MTS PONPES DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO Santoso, Budi; Marlan, Marlan
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36232/jurnalpaida.v1i1.1437

Abstract

: Kurikulum sebuah pendidikan senantiasa mengalami perkambangan dan pendidikan. Di dalam kurikulum tidak dikenal istilah up to date. Kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan, seiring perubahan dan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan studi kasus, Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui: observasi, Interview (Wawancara), Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Perencanan manajemen pengembangan kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri dilakukan dengan membentuk panitia workshop manajemen kurikulum, Pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul meliputi: Akidah Akhlaq, Al-Qur’an Hadist, Fikih, SKI dan Bahasa Arab, Dampak manajemen pengembang Kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo dapat dilihat melalui dua hal: Pertama, dampak bagi lembaga, yaitu lembaga terjadi peningkatan hasil nilai akreditasi dari terakreditasi B ke terakreditasi A dan mendapat kepercayaan dari masyarakat yang terbukti dengan semakin bayaknya santri yang mendaftar di MTs Ponpes Darul Fikri. Kedua, dampak bagi siswa yaitu prestasi siswa dalam bidang AKSIOMA (Ajang Kompetensi Seni dan Olah Raga madrasah) yang berupa masuk sampai tingkat Propinsi Jawa Timur. Nilai Akademik pada 5 tahun terakir selalu masuk tiga besar dari tujuh Madrasah yang ada di KKM Pulosari dan 10 besar di tingkat Kabupaten Ponorogo.