Adopsi media pembelajaran digital telah merevolusi cara kita belajar dan mengajar. Dalam konteks sistem pendidikan, sering ada kebutuhan untuk media baru. Media inovatif ini diharapkan dapat menyulut motivasi belajar siswa. Selain itu, integrasi mereka ke dalam sistem pendidikan bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa baik secara akademis maupun di luar. Media digital memiliki potensi yang signifikan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada kajian pustaka terkait pemanfaatan lingkungan belajar digital dalam pendidikan. Dalam lanskap yang berkembang pesat saat ini, banyak materi pembelajaran telah beralih dari format berbasis cetak ke digital. Meluasnya adopsi media digital dalam pendidikan mencakup teknologi mutakhir seperti virtual reality (VR). VR berfungsi sebagai alat pembelajaran yang kreatif dan mendalam, membawa siswa ke dunia baru yang menantang untuk dijelajahi melalui metode pengajaran tradisional. Penelitian secara konsisten menekankan pentingnya lingkungan belajar berbasis teknologi di abad ke-21. Media ini memfasilitasi keterlibatan siswa, membuat pembelajaran lebih interaktif dan efektif. Pada akhirnya, media pembelajaran mencakup media apa pun yang secara efektif menyampaikan pesan atau informasi antara siswa dan pendidik, menangkap perhatian, minat, pikiran, dan emosi mereka untuk mencapai tujuan pendidikan.Kata kunci: virtual reality (VR), lingkungan belajar digital, optimasi pembelajaran.
Copyrights © 2025