Gaba-Gaba
Vol 1 No 1 (2021): Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan

PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BERDASARKAN KONSTRUKTIVISME SOSIAL MELALUI PENDEKATAN SCAFFOLDING

Tomasouw, Jolanda (Unknown)
Marantika, Juliaans E. R. (Unknown)
Maitimu, Cornelia S. (Unknown)
Lestari, Vika (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2021

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia, terutama di Maluku, sedang disorot oleh banyak ahli. Hal utama yang menjadi fokus adalah menurunnya kualitas pembelajaran di sekolah, yang berdampak pada kualitas dan daya saing siswa di tingkat lokal dan nasional. Berdasarkan apa yang dijelaskan di atas, sistem pembelajaran dan bahan ajar di tingkat sekolah menengah di Ambon perlu ditinjau kembali. Melalui pengembangan bahan ajar bahasa Jerman berdasarkan pendekatan scaffolding, diharapkan prestasi belajar bahasa Jerman siswa SMA akan meningkat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mampu mengembangkan materi Bahasa Jerman untuk Sekolah Menengah Atas di Ambon (2) mencoba kinerja pengajaran menggunakan bahan yang dikembangkan dalam rangka penyempurnaan dan standardisasi Pembelajaran Bahasa Jerman. Materi berdasarkan pendekatan scaffolding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berdasarkan model ADDIE. Hasil penelitian ini dapat direplikasi oleh semua sekolah menengah atas di Maluku. Hasil yang ingin dicapai serta tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan menghasilkan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Scaffolding untuk Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gaba

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Gaba-Gaba berfokus pada publikasi karya ilmiah hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh akademisi, praktisi, dan pemerhati dari bidang bidang pendidikan, sosial, budaya, teknologi, dan pemberdayaan masyarakat. Fokus utama jurnal ini adalah pada pengembangan dan ...