Gaba-Gaba
Vol 1 No 2 (2021): Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS DIGITAL VISUAL LITERACY

Loppies, Hellien J (Unknown)
Maruanaya, Hendrik Jacob (Unknown)
Ferdinandus, Marcy Saartje (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris pada level Pendidikan SMP/SMA/SMK dengan pemanfaatan potensi teknologi komunikasi dan media internet merupakan isu penting dalam pengembangan profesionalisme guru pada abad ke 21 sekarang ini. Menyikapi hal ini, tim PPM (Pemberdayaan dan Pembelajaran Masyarakat) pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura telah melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris bagi guru-guru Bahasa Inggris pada kelompok MGMP SMP/SMA/SMK pada Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku. Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan sebagai respon terhadap kebutuhan peningkatan kapasistas guru Bahasa Inggris untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Digitial Visual Literacy yang merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki guru untuk memfasilitasi proses belajar Bahasa Inggris yang bermakna dan komunikatif. Pelatihan ini telah dilakukan dalam tiga tahap kegiatan, yaiut; persiapan, pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilakuan dalam bentuk pelatihan dalam jariangan (daring). Hasil dari kegiatan pelatihan ini menyimpulkan bahwa guru Bahasa Inggris memiliki tanggapan positif dan responsive terhadap pengembangan bahan ajar berbasis Visual literacy. Guru-guru Bahasa Inggris juga memiliki motivasi yang tinggi dalam mengembangkan bahan ajar dengan aplikasi Digital Story Book dan Model Photo story.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gaba

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Gaba-Gaba berfokus pada publikasi karya ilmiah hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh akademisi, praktisi, dan pemerhati dari bidang bidang pendidikan, sosial, budaya, teknologi, dan pemberdayaan masyarakat. Fokus utama jurnal ini adalah pada pengembangan dan ...