Scaffolding
Vol. 13 No. 1 (2024): Scaffolding

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Variasi Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa pada Elemen Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan Kelas XI DPIBSMK Negeri 2 Kendal

Chonora, Angelique (Unknown)
Handayani, Sri (Unknown)
Julianto, Eko Nugroho (Unknown)
Yuhanafia, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada elemen rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Kendal, serta untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada elemen rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan kelas XI DPIB.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode penelitian survey, dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan software SPSS 25.0. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Kendal tahun pelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket. Pada penelitian ini memiliki sumbangan pengaruh sebesar 48% dan memiliki persamaan regresi linier sederhana yakni Y = 5,359 + 0,987X yang memiliki arti bahwa jika persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berada pada nilai 0, maka minat belajar siswa memiliki nilai sebesar 5,359, sedangkan koefisien regresi sederhana berada pada nilai 0,987, yang memiliki arti bahwa setiap peningkatan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru maka akan menyebabkan peningkatan sejumlah 0,987 terhadap minat belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru pada elemen rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Kendal menunjukkan hasil yakni pada kategori sedang, 2) Minat belajar siswa pada elemen rencana biaya dan penjadwalan konstruksi bangunan di kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Kendal menunjukan hasil tingkat pencapaian yang termasuk dalam kategori sedang, 3) Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa jika siswa memberikan persepsi yang baik tentang variasi mengajar guru, maka akan mendukung siswa untuk memiliki minat belajar yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scaffolding

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

The journal covers a wide range of topics within the field of technical and vocational education especially in Construction Engineering Education and civil engineering ...