ANUFA
Vol 2 No 2 (2024): Desember

Efektivitas Wordwall pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Nuh, Muhammad Wahdan (Unknown)
Susilo, Jimat (Unknown)
Sotlikova, Rimajon (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP pada materi teks laporan hasil observasi. Pokok masalah yang diangkat adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut dan kurangnya metode pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kedawung. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam pemahaman materi maupun kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa Wordwall merupakan media yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran berbasis teks laporan hasil observasi di tingkat SMP. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada penerapan teknologi dalam pendidikan bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anufa

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ANUFA (3031-3201) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian melalui peer-review dan dapat diakses secara terbuka. Diterbitkan oleh IKAPROBSI di Indonesia. ANUFA menawarkan forum bagi para sarjana, pendidik, pakar, dan praktisi untuk menyebarluaskan dan bertukar informasi melalui ...