Berdasarkan hasil observasi yang peneliti laksanakan di SMK Negeri 5 Kuningan Kabupatén Kuningan, kemampuan siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dari hasil menulis serita pendek, siswa belum bisa menyusun cerita pendek. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan?. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh metode course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa XI SMK Negri 5 Kuningan yang berjumlah 186 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.A yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran course review horay dan siswa kelas XI.C yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh t hit (5,693) > t daf (1,67), hi ditarima artina ada pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran course review horay terhadap kemampuan menulis carita pendek di kelas XI SMK Negeri 5 Kuningan Kabupaten Kuningan.
Copyrights © 2015