Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menigkatkan kedisiplinan siswa dan bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat disiplin siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 4 orang guru, 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru bimbingan konseling, dan 4 orang siswa SMP Negeri 14 Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model Mills dan Huberman, yaitu meliputi aktivitas pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku guru sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa agar menjadi lebih baik dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa disekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sangat penting khususnya dalam membina serta membimbing siswa kearah yang lebih baik dan mengetahui hal-hal yang bisa saja mempengaruhi kedisiplinan siswa yang menjadi kendala.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023