Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana peran kepala sekolah dalam penerapan tata tertib siswa SMP Negeri 2 Tongkuno Kabupaten Muna, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tata tertib siswa SMP Negeri 2 Tongkuno Kabupaten Muna, dan (3) upaya mengatasi hambatan kepala sekolah dalam penerapan tata tertib siswa SMP Negeri 2 Tongkuno Kabupaten Muna. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu berjumlah 1 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang Guru, dan 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah SMP Negeri 2 Tongkuno berperan aktif dalam pengambilan keputusan dan konsisten dalam penegakan aturan dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan kepada guru dalam penerapan tata tertib siswa, (2) Faktor Pendukung dalam penerapan tata tertib yaitu faktor siswa itu sendiri, sikap pendidik dan lingkungan siswa, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya pengawasan karena jumlah guru dan pengurus sekolah jauh lebih kecil dibanding banyak siswa yang ingin diawasi dan faktor penggunaan teknologi dan terpaan media, dan (3) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dalam penerapan tata tertib yaitu bertindak tegas dengan memberikan hukuman kepada siswa sesuai aturan sekolah yang berlaku, dan pembinaan terintegrasi agar sifat-sifat baik siswa dapat terbentuk melalui pembinaan yang terintegrasi dan membatasi penggunanaan handphone yang berlebihan.
Copyrights © 2024