Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabawo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabawo, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Saat penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar termasuk dalam kategori rendah dengan R sebesar 0,602, sedangkan besarnya sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 46% dan 54% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan besar kecilnya motivasi belajar siswa dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y=45,379+0,602 X. Konstanta sebesar 45,379 artinya jika nilai motivasi belajar (X) bernilai 0 maka nilai hasil belajar PKn adalah 28.798. koefisien regresi variabel motivasi belajar (X) sebesar 0,693 artinya jika pengaruh motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 5, maka hasil belajar PKn (Y) mengalami peningkatan sebesar 48,389. Koefisiennya bernilai positif, artinya terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar PKn siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabawo.
Copyrights © 2024