Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 1 No 02 (2023): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: December

Analisis Tingkat Kecemasan Komunikasi Pembelajaran: Studi Pendahuluan Pengembangan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Raziana, Elvi (Unknown)
Sukmawati, Fatma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Masalah kecemasan dalam berkomunikasi (communication apprehension) yang dapat saja dialami siswa akan mengurangi tingkat percayaan diri dan menghambat keberhasilan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan komunikasi siswa SMA dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, menggunakan kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat aspek komunikasi siswa di kelas yang terdiri dari diskusi kelompok, rapat, interpersonal, dan berbicara di depan umum memiliki skor communication apprehension yang relatif rendah. Dengan demikian, tingkat kecemasan komunikasi pada siswa secara umum di kelas tergolong rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada masalah yang cukup krusial pada siswa SMA dalam kaitannya dengan komunikasi. Temuan penelitian menjadi tolak ukur dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa yang berkaitan dengan keberhasilan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...