Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 8, No 1 (2025): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Literature Review: The Influence of Differentiated Learning at Elementary School Level

Widi Ika Maryani (Universitas Sebelas Maret)
Retno Winarni (Universitas Sebelas Maret)
Sukarno Sukarno (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu pendekatan yang diharapkan mampu menjawab tantangan dengan memperhatikan perbedaan karakteristik siswa, seperti gaya belajar, kemampuan, minat, dan kesiapan belajar, serta guru dapat menyesuaikan metode pengajaran yang lebih tepat sasaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk melakukan tinjauan terhadap literatur yang membahas pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Pembelajaran berdiferensiasi berfokus pada menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan relevan bagi siswa, serta meningkatkan motivasi, minat, dan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis jenis penelitian eksperimen mendominasi karena bertujuan untuk membuktikan keefektifan pembelajaran berdiferensiasi yang diimplementasikan dalam kurikulum baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek, seperti hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan kolaboratif siswa. Pembelajaran berdiferensiasi juga dianggap mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif serta membantu guru dalam merancang pembelajaran sesuai kebutuhan dan gaya belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...