Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 8, No 1 (2025): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Effectiveness of Problem-Based Learning Model on Critical Thinking Skills in Elementary Mathematics Education

Lis Maryani (Universitas Sebelas Maret)
Riyadi Riyadi (Universitas Sebelas Maret)
Sandra Bayu Kurniawan (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan oleh peserta didik. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran efektif dan mudah, sehingga peserta didik mampu menyelesaikan persoalan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah 83 peserta didik kelas IV di SD Negeri kecamatan Wonogiri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rerata tes dari 63.50 menjadi 89.35; nilai korelasi (R) = 0.506 artinya ada hubungan linear positif antar variabel; koefisien determinasi R Square = 0,861, artinya model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh 86.1% terhadap efektivitas keterampilan berpikir kritis. Nilai signifikan sebesar 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 2,512 > t tabel 1.664, artinya menerima hipotesis alternatif. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada mata Pelajaran matematika kelas IV.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...